Senin, 22 November 2010

Value dan Konsekuensi Sikap Mental

Pas iseng brosing Google Finance kemaren, ada sesuatu yang menarik perhatian saya, tentang listing pendapatan dari orang-orang hebat dunia. Ini saya kasih capture nya dari Google dan Apple (dari situs reuter finance). Saya ambil dua perusahaan itu karena nilai sahamnya cukup tinggi dibandingkan misalnya dengan Microsoft Corp. atau Yahoo Inc. Nilai Google Inc. di bursa saham saat ini adalah 590,83 dan Apple Inc. adalah 306,73.

Kita lihat yang pertama pendapatan eksekutif dari Apple Inc.

Ternyata seorang CEO Steve Jobs yang sangat terkenal itu pendapatan tahunannya tidak sebanyak seorang Peter Oppenheimer yang menjabat sebagai Chief Financial officer, atau Ronald Johnson yang menjabat sebagai Senior Vice President - retail of Apple Inc.

Seberapa pentingnya peranan orang-orang tersebut sehingga nilainya bisa lebih tinggi daripada CEO nya?
(walopun sekedar berupa bonus tahunan tentunya).

Kita coba lihat dari Google Inc.


Ternyata Larry Page dan Sergey Brin bukanlah orang yang paling banyak pendapatan tahunannya di Google, bukan juga Eric Scmidt. Ada seorang Nikesh Arora yang sejak April bergabung dengan Google Inc dan sekarang menjabat sebagai President - Global Sales Operations and Business Development of Google Inc yang pendapatan tahunannya lebih tinggi dari bosnya.

Sekali lagi, kualitas apa yang membuatnya bernilai tinggi secara finansial?

Dan pertanyaan yang lebih esensial lagi, mengapa pendapatan mereka bisa jauh lebih tinggi daripada saya? :D Apa sebenarnya yang membedakan saya dengan mereka? Kualitas seperti apa yang bisa membuat perbedaan (yang cukup jauh) antara saya dengan mereka? Dalam lingkup yang lebih kecil, anda mungkin kemudian mikir juga mengapa gaji Anda bisa lebih kecil daripada gaji teman Anda? Padahal Anda merasa tidak kalah pintar? Mengapa gaji teman Anda yang berbeda kantor bisa lebih besar daripada Anda, padahal secara pangkat sama saja? Lalu apa yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan teman Anda?

Mungkin jawabannya adalah Value? Seseorang mendapat penghargaan berdasarkan value yang diberikannya kepada orang lain. Semakin besar value tersebut bisa disebarkan dan diterima oleh sebanyak mungkin orang, maka reward pun akan beriring mengikutinya.

Value inilah yang akan mengiringi karir kita. Apa arti karir bagi Anda? Jenjang kepangkatan? Jenjang pendapatan? Atau yang lain?

Mungkin Anda pernah mendengar cerita tentang seorang seorang Office Boy yang menapaki karir hingga menjadi seorang CEO yang hebat? Value apa yang ditawarkan OB tersebut di sepanjang karirnya? Ato kisah seorang calo tiket pesawat yang kemudian menjadi seorang pemilik maskapai penerbangan? Value seperti apa yang ditawarkannya? Untuk kisah inspiratif ini bolehlah Anda baca ceritanya di buku MYELIN nya Rheinald Kasali.

Bagaimana konsep karir menurut Anda yang bisa menjelaskan kisah-kisah tersebut?

Seorang OB yang mempunyai sikap mental hebat akan dengan bangga dan bersemangat menjalani tugasnya sehari-hari. Dia tidak memandang bahwa pekerjaannya hanya “sekedar pelayan”, akan tetapi dia melihat lebih jauh dari itu. Bahwa konsep melayani dengan sepenuh hati dan mengerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh akan membuat pekerjaannya lebih bernilai. Membersihkan kantor dengan sigap, cepat dan bersih, ataupun mengantarkan makanan/minuman kepada orang-orang kantor dengan gembira ,sigap dan memuaskan pada akhirnya akan menjadi investasi personal seorang OB yang menjadi tinggi nilainya di kemudian hari.

Ada satu petuah dari guru saya bahwa “jangan memandang karir sekedar sebuah jenjang kepangkatan, jenjang pekerjaan ataupun jenjang pendapatan”. Dia mengatakan bahwa karir adalah sebuah sikap mental. Karir yang hebat hanya bisa didapatkan kalo kita punya sikap mental yang hebat dan mampu konsisten melakukan pekerjaan apapun dengan bekal sikap mental tersebut.

Mungkin Value kita hari ini belum dihargai sebesar Steve Jobs. Tentu banyak sebabnya. Akan tetapi satu hal adalah bahwa Nilai kita hari ini atau suatu saat nanti akan ditentukan dari sikap mental hari ini.

Jadi, sikap mental seperti apa yang Anda kantungi mulai hari ini?

NB: Pendapatan seperti Steve Jobs dan tanpa hutang bisa ga sih?:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar